copas dari milis

FAQ: Memulai perjalanan ke Singapura!

Temans, saya akan memulai pengalaman pertama dalam bersolo backpacking, dan memiliki beberapa pertanyaan. Mungkin ada yang bisa sharing. Thanks.

T1: Dokumen apa saja yg perlu dipersiapkan selain paspor & NPWP? Perlukah apply visa? Perlukah punya bukti booking penginapan? Adakah formulir yang harus diisi?

(SM): Sari Musdar smusdar@hotmail.com
hai, Aku bisa merasakan keriangan di sini. Jadi ingat pengalaman duluuu pertama kali backpack ke LN, excited ya :-) Cukup paspor yg msh berlaku, copy NPWP dan KTP. Ada form kecil keberangkatan. biasanya dibagikan di pesawat oleh pramugari/a.

(RY): Ratna Yuliantie queenerva@yahoo.com
Dokumen yang kamu punya udah sangat cukup. Intinya cuman perlu passport ama NPWP. Form putih (departure and arrival card) itu bisa didapat sewaktu check in pesawat. Minta aja ama yang melayani checking. Jangan lupa selalu bawa pulpen kalo travelling, pasti perlu hehehe :) Nah pertama perlu urus bebas fiskal di loket bebas fiskal, untuk mengurus bebas fiskal yang diperlukan fotokopi passport ama NPWP. Di loket check fiskal (sebelum cap passport), cukup tunjukan bebas fiskal yang diberikan oleh loket bebas fiskal. Form putih tadi diperlukan untuk masuk dan keluar negara, so setelah cap passport, sobekan separonya jangan sampai hilang. Begitu juga di Singapore nantinya. Di pesawat akan dibagikan form itu lagi untuk yang Singapore punya. Nah di sini gunanya pulpen itu lagi hehehe... Di imigrasi Singapore cukup tunjukkan passport, arrival & departure card Singapore, dan senyum :)

(LP): Lina Purba l1n4_pur34@yahoo.com
Dokumen yang di butuhkan cuman paspor ama NPWP and KTP. Kadang KTP suka diminta lho di imigrasi sing, so pastikan semua keterangan di KTP sama persis di Paspor. Untuk departure and arrival card biasanya di dapet pas checkin di bandara, jangan sampai ketinggalan atau hilang. Untuk arrival card bandara changi biasanya pramugari ngasi pas di pesawat, kalo engga dikasi cari di meja pojok di imigrasi, kartu ini jangan hilang setelah sebelahnya di ambil imigrasi, nanti di pake lagi pas keluar dari sing. Siapkan print-printan tiket PP, karena pernah kejadian teman saya yang masih polos paspornya ditanya sudah punya tiket pulang ato belum dan mereka minta di tunjukin.

(HE): Heny Eliana heny.eliana.ext@nsn.com
Saya bantu jawab sebisanya yah. Kalau ke Singapore sih cm perlu paspor, ga perlu visa. Terus terang selama ini kalo ke Singapore biasanya nebeng tempat saudara/teman, jd saya ga pernah pk bookingan hotel.
Di form arrival cardnya, saya tulis alamat tmp yg saya tebengin =). Kalo saya sih waktu itu Arrival cardnya didapat pada waktu checkin dr petugas di meja checkin.

(KS): Kurniawati Setyaningrum nia_archie2001@yahoo.co.uk
WNI tidak perlu visa untuk masuk singapore, ntar dikasih 30 hari visa langsung di counter imigrasi. Bukti penginapan tidak perlu. Form yg dimaksud itu adalah white card ato embarkation/disembarkation card.
Klo keluar negri lewat udara di counter checkin dikasih white card untuk Indonesia maksudnya yg ntar ditunjukan ke pegawe imigrasi indonesia. Nah klo yg untuk luar negri itu tergantung negara yg dituju. Klo kyk singapore yg mesti pake white card ya ntar di counter chekin dikasih juga ato dipesawat dibagiin sama pramugarinya ato klo gak minta ke petugas di airport. Yg penting jgn antri dulu tanpa white card yg sudah diisi dan ditandatangani. White card ato embarkation/disembarkation card mesti diisi alamat di singapore. Bbrp org yg sy kenal pernah dpt masalah di imigrasi krn bagian 'alamat di singapore' tidak diisi. Setelah lewat imigrasi, potongan white card jgn sampe ilang krn itu dibutuhkan waktu meninggalkan singapore dan masuk jkt. Klo pake fery emang udah diisi langsung sama agent ferynya.

(EG): Ericson Ginba Ginting ericsonginting@gmail.com
Nambahin sedikit: Buat fotocopy semua dokumen. Kalau hilang dan buat jaga-jaga. kalau perlu scan semua dokumen dan simpan di internet (e-file).

(DE): Dessy dessy_skai@ag.co.id
nambahin dikittttt..... mungkin yg dimaksud dgn form kecil itu 'departure card' atau kartu keberangkatan yg dari Indonesia, bukan 'arrival card' yg untuk masuk sing. Biasanya waktu checkin dikasih kok sama petugas checkin nya. Klo aku sih, aku selalu punya persediaan yg kosong sehingga klo mo berangkat, udah diisi dari rumah jadi gak ngerepotin di bandara.

(AD): Alia R Dewi dewi_mere@yahoo.com
Bener banget, mending kamu scan semua dokumen (KTP, paspor, NPWP) trus save di hp/online storage/bikin aja draft di yahoo-mail. dan bawa fotokopinya juga. kalo kopi NPWP perlu buat ngurus free-fiskal. departure card dapet pas check-in, isi sekalian arrival cardnya. nanti pas check-in dari changi juga dpt kartu yang sama plus kartu isian buat custom (warnanya orange).


T2: Biaya apa saja yang pasti keluar untuk pergi dan pulang, selain tiket?

SM: Airport tax Soetta 150 rb. Di changi ga perlu bayar lagi. Bisa lsg naik MRT ke tempat kamu menginap. Ngga perlu visa utk masuk SGP.

RY: Untuk pergi dari Cengkareng, perlu bayar 150ribu dan dibayarkan ketika checkin. Di Singapore ga perlu uang lagi. Kecuali untuk transport ke bandara. :D

LP: Untuk biaya airporttax cuman bayar di bandara sutta aja sebesar RP. 150.000 rupiah sedangkan dari bandara Changi sudah tidak di pungut biaya apapun.

HE: Airport tax penerbangan internasional skr emang IDR 150.000,- Kalau ga salah sih (tp saya lupa) kyknya di Changi ga ada bayar2 buat airport tax deh.

KS: Ya sepertinya betul international flight tax di sukarno hatta 150rb. Di changi tidak perlu bayar lg. Selain itu tidak ada biaya lg selain asuransi... biasanya kan di sukarno hatta ada tuh yg panggil2 untuk beli asuransi. klo di changi gak ada.

DE: Airport tax di luar negeri rata2 udah dimasukkin ke dalam harga tiket, jadi gak perlu lagi keluar biaya.


T3: Apakah MRT masih/sudah beroperasi untuk penerbangan terakhir seperti jam 11 malam atau penerbangan awal sekitar jam 6 pagi? Apakah memungkinkan menginap di Bandara Changi? Berapa lama proses embarkasi/keimigrasian di Bandara?

SM: sori ga bisa jawab, belum pernah ke SGP di jam semalam dan pulang dari sana sepagi itu :-) utk proses cek paspor di bandara tgantung banyaknya antrian, bisa 5 menit kalo cepat, bisa lebih.

RY: MRT terakhir dari Changi ke kota pukul 23.30. So dengan perhitungan antrian imigrasi dan antrian turun pesawat, kemungkinan kecil untuk bisa ngejar last MRT. Pilihan berikutnya MRT ke Tanah Merah. Berarti setelah Tanah Merah harus turun dan lanjut taksi. Pilihan berikutnya adalah bis. Tapi tergantung tujuan si... klo sudah pasti tujuannya ke mana ntar aku cariin rutenya :D Pilihan berikutnya? Nginep di bandara. Belom pernah nyoba, tapi berdasarkan teman-teman yang sering nginap di sana untuk ngejar pesawat pagi, cukup recommended.

LP: Pesawat saya, pernah mendarat di changi persis hampir tengah malam, saat itu saya menyikapinya dengan mewujudkan '0ne of my traveling wish' yaitu spent night at changi airport. ;-)
MRT masih ada sampai jam 12 malam, tapi rasanya rugi banget kalo mesti check in hotel hehe, so better stay one night at changi airport. Untuk stay atau tidur saya kemaren coba ke terminal 3, di area checkin british airline lumayan ngemper di karpet ato di kursi tinggal pilih aja. Banyak kok yang melakukan hal yang sama. Proses di imigrasi biasanya cepet kok kalo engga ada antrian 5 minute juga kelar.

HE: Saya lupa MRT terakhir jam 11 malam apa jam 12 malam ya? Kalau jam 12 malam sih msh bisa. kalo jam 11 malam mungkin terpaksa naik taksi deh. Masalah menginap di bandara saya kurang tau. Proses di imigrasi sebenarnya tergantung pjg antrian, kalo perginya ga pas liburan sekolah mungkin ga terlalu rame, ya jd hrsnya ga lama sih.. paling biasanya cm ditanya keperluan utk apa, brp lama, nginap di mana.. gitu aja kok (kdg2 malah ga ditanya) =), jd hrsnya sih ga lama kalo pas maju buat dicap paspornya.

KS: MRT dr changi trakir sekitar 23.30 mungkin msh keburu untuk ngejar MRT. cuma klo tiba di terminal 1 ya butuh waktu lbh lama untuk ke terminal 2 ato 3. MRT ada di terminal 2 dan 3. Antri di imigrasi termasuk cepat. Sy blm pernah antri lbh dr 5 menit. Taxi mengenakan surcharge 50% itu setelah jam 12 malam. Surcharge dari dan ke changi $3 - $3.50.

EG: Untuk transportasi, beli aja MRT Card, kalau gak salah harganya S$15, dan bisa kita pakai buat naik bus dan MRT. Tanpa harus antri panjang untuk membeli tiket dan menukar recehan. MRT paling malam sampai pukul 24:30 [GMT+8] MRT paling pagi pukul 05:30 [GMT+8] Gak semua stasiun begitu, ada beberapa route yang beroperasi dari pukul 06:00 - 24:00 (lihat di stasiun untuk lebih detail)

DE: Masalah menginap di bandara, kayaknya sih oke aja tuh, gak bakalan diusir. klo menurut bang ericson jadwal MRT seperti itu, mungkin bisa ya naik MRT, masalahnya pengalaman saya ketika harus mengejar pesawat jam 8 pagi ke hongkong aja, MRT nya jam 6 belum ada, jadi musti naik taxi juga...

(YD): Yudha antiyudha@yahoo.com
Halo mau nambahin, kalo transport selain MRT ada bis dan taxi. Untuk naik bis, di setiap halte penjelasannya lengkap, nanti bisa di lihat dan harus bayar uang pas, rekomen lebih baik gunakan EZ-Link card. Untuk naik taxi, ada jam2 tertentu akan kena biaya tambahan. Untuk MRT, kalo tidak salah, MRT terakhir jam 11 malam.

(OT): othe03@yahoo.com
Dari pada naik taksi, naik bis juga lumayan nyaman & malam pun tetap operasi dengan operator yg berbeda.

(CD): Christina Dameria tientien_na@yahoo.com
Nambahin dikit, biar nambah banyak. MRT terakhir di setiap stasiun terakhir jam 23.06,termasuk stasiun di Changi airport. MRT paling awal jam 6 pagi di setiap stasiun. Saya pernah tiba di Singapore jam 5.15 pagi, iseng ke stasiun MRT terdekat (waktu itu dr KL naik bis malam), ternyata stasiun MRTnya sdh buka dan MRT sdh beroperasi jam 6 kurang.
 


T4: Dimana saya bisa membeli kebutuhan dasar seperti Ezlink & Simcard? Apakah benar-benar diperlukan?

SM: Banyak mesin di stasiun kok, tinggal masukin uang 2 Sing Dollar, nanti pas sampai di stasiun tujuan bisa refund 1 Sing Dollar

RY: Kalo nekat mo ngejar MRT, ga perlu beli card dulu. Ada pilihan untuk beli single trip. Dengan catatan kamu tau persis mo kemana dan turun mana. Baru hari berikutnya beli EzLink.
Saran, kalo ke Sg tidak sering2 ga perlu lah beli card, cukup single trip aja. Eh, tapi mengingat kamu bakal cukup lama (5 hari kan ya? Ga kebayang 5 hari di Sg ngapain aja :D) beli EzLink card bukan ide buruk. Hanya saja harus mengeluarkan biaya pembuatan kartu 5 dollar. Tourism pass itu berlaku 3 hari untuk semua mode transportasi umum klo ga salah, which aku sangat tidak menyarankan. Klo ga salah harganya diatas 30 dollar. Sebagai perbandingan aku biasa top up EzLink 50 dollar, dan itu bisa untuk sebulan :D So intinya cukup 20 dollar untuk 5 hari itu. Hop On bus yang gratis hanya untuk penumpang SQ. Ada satu lagi hop on yang untuk seharian, tapi seingetku itu touristic sekali (baca: mahal sekali untuk ukuranku, mangkanya ga pernah masuk dalam list rekomendationku) Untuk Simcard, kalo memang kamu bener2 phone addict ya memang perlu si..

LP: Beli di singapore tourism aja pagi harinya atao pas nyampe biasanya masih ada yang buka.

HE: Biasanya sih di stasiun MRTnya, cm kalo ud malam begitu, saya kurang tau yah. Sesampai di airport cb tanya2 aja ke tourist information center atau petugas di sana, kali2 aja tau =) Cm bisa bilang, kalo MRT di Singapore dipotong
berdasarkan jauhnya jarak tempuh, dan dipotongnya pas saat keluar dan menempelkan kartu di tmp kita keluar msk tsb. Sepanjang msh belum keluar dr stasiunnya biasanya blm dipotong d. Jd kalo misalnya stasiunnya kelewat, jgn keluar dulu, tetap di MRT dan ambil arah yg sebaliknya, nanti tetap dipotong sejauh tujuan yg sebenarnya.

KS: EZlink bisa beli di passenger service counter di tiap MRT station.

AD: Ezlink bisa dibeli di changi, ada mesinnya, dan cukup gampang operasinya. Waktu kmrn saya sampe sana jam 9-an masih ada mbak2 yang ngejelasin. Kalo ga ada, kamu bisa liat di layarnya, trus tinggal pencet2 aja sesuai kebutuhan kamu, either mo beli/re-load. Kalo naik taksi jangan nunggu di bus-stop. nunggu dimana aja selaen di halte.

OT: Setau sy waktu pertama kali kartu di tempel, itu dihold berdasarkan jarak terjauh/harga tertinggi. Seperti kt naik bis, naik kita tempel, turunnya nggak ditempel maka nilai yg dikartu berkurang berdasarkan jarak terjauh. Klo ditempel lg waktu turun maka kelebihan awal akan di refund. Klo berdasarkan jarak, sih iya. Tp klo kebelet di stasiun, lebih baik keluar di stasiun berikutnya drpd di stasiun yg sama. Soalnya akan kena charge lebih besar padahal kita belum kemana2 (hanya masuk sebentar dan keluar lg). Salam, Othe


T5: Dimanakah letak fasilitas/tempat publik yang gratis, dan kira-kira menarik untuk disambangi?

SM: Datang ke museum seni di Singapore's Bras Basah Road, di hari biasa (weekdays) jam 12 siang sampai 14.00 dan Jumat jam 18.00 - 21.00 (di luar itu bayar). Sentosa island naik bis di depan mall (oops saya lupa namanya, jauh lebih murah dprd naik cable car). Melihat kuil2 di SGP : Thian Hock Keng di jalan Telok Ayer 158, Sri Mariamman Temple di Jln South Bridge 244/ di daerah little china. Mesjid Abdul Gafoor dan kuil Sri veerakaliamman di little india. Kalau suka fotografi, kuil dan mesjid itu bisa jadi obyek yg sangat menarik dan indah.

RY: Taman gratis? Kabar baik untukmu. Hampir semua park di Singapore free of charge. Dan ada puluhan park mulai town park hingga nature reserve park di Singapore termasuk salah satunya yang kamu sebut MacRitchie Reservoir park. Di MacRitchie, sangat bisa sekali klo mo jogging. jarak tempuh maksimal klo ga salah 11 km. Dengan spot utamanya ya Top Tree Walk, jembatan gantung setinggi 25 meter dan panjang 250 meter.
Jangan lupakan juga Botanical Garden dan klo ada lebih waktu ke Sungei Buloh Wetland Nature Reserve. Btw, masuk sentosa sekarang (dan sejak 4 tahun lalu) tu 3 dollar :D

LP: Tahun lalu saya ke sentosa tiketnya bukan 2 dollar tapi 3 dollar.

KS: coba check http://www.nparks.gov.sg/cms/index.php?option=com_visitorsguide&task=parks&Itemid=73
Ada Macritchie Reservoir yang gratis masuknya. Klo sentosa mesti beli tiket monorail klo gak salah $6.

AD: Kalo mo jogging kamu bisa coba ke Henderson Waves, jembatan yang keren banget, kalo naik bis sih sekitar 3-4 stop setelah vivo city mall. untuk rute kamu bisa cek di http://gothere.sg infonya kumplit bin lengkap. Masuk ke sentosa via monorail $3. Sampe disana kamu bisa naik bis untuk keliling2, misalnya dari beach area ke imbiah. and it's free.

(FR): fuRANSHIzu-ka furanshizu@hotmail.com
hlo cuma mo nambahin kmu bisa visit ke: http://www.singaporevr.com/attractions/attractions.html
good luck!

(IM): Imel Melda meldawati@yahoo.com
Hi, waktu aku ke singapore ala backpacker aku nginep di hostel footprint daerah jl perak. Kalo dari cahngi airport naik MRT bugis station dan kita turun di bugis station jalan kaki ke arah jl perak di sana banyak hostel lumayan 1 mlm SGD 19 dapat breakfast juga ada internet gratis dan tempat tidurnya nyaman. Disana dekat dengan daerah little india. Atau lebih asik lagi daerah jl perak juga dari turun di mrt little india di sana banyak juga hostel backpacker dan dekat dengan mustafa center harga nya sedikit mahal. Rata2 diatas SGD 20 per malam. Kalo mau jalan2x lebih enak naik MRT biar bisa merasakan canggihnya naik kereta sampai ke sentosa juga bisa looo..

(PW): pecintawisata@yahoo.com
Kalo menurut ku, beli aja buku panduan wisata ke singapura yg sekarang banyak dijual di toko2 buku kayak gramedia atau gunung agung. Adik aku kemarin jalan2 ke 3 negara singapura thailand malaysia berdasarkan buku panduan itu, sukses banget. Padahal dia juga baru pertama jalan2 ke luar negeri. Di buku itu, ada banyak penjelasan soal transportasi juga penginapan.

(DD): deedee_caniago@yahoo.com
Coba ikut travel gathering. Saya akan memberikan info, ilmu dan pengalaman mengurus sendiri perjalanan mu ke luar negri (especially for first timer), dari cara ngurus dan bikin passport sendiri, ngurus VISA, NPWP, sampe persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum keberangkatan, barang2 & dokumen2 apa saja yang harus dibawa, pokoknya semua yang kamu ingin ketahui tentang pertama kali ke luar ngeri, apalagi sendirian. salam, Deedee Caniago *they don't care how much you know until they know how much you care*


T6: Terimakasih, saya siap bertualang! :)

SM: bon voyage, have a nice and safe trip :-) Salam, Sari Musdar - voir la vie en rose. http://oceanebleue.multiply.com http://sarimusdar.blogspot.com

RY: Klo perlu temen explore, aku more than happy buat nemenin, asal ga pas weekdays. Salam jalan-jalan. Ratna F. Yuliantie Http://queenerva.multiply.com ~Don't measure life by how many breaths you take, but rather how moments have taken your breath away~

LP: Met bertualang...

HE: Moga2 bisa bantu.. Rgds, Heny

KS: Met liburan ^^

EG: Regards, eriCson giNba ginTing

AD: Mo nambahin dikit, kebetulan abis dari sana mei kmrn dan saya juga nginep di footprints. Puas nginep dsana, kamu bisa coba buking online/kirim e-mail langsung ke booking@footprintshostel.com.sg. Kalo jadi disana mending dari MRT Little India aja, jalannya lebih deket. Hayo kalo ada yang mau ditanyakan lagi, silahkeun.

IM: Having enjoy ya ... nanti sampai di changi airport ada kok buku2x traveling singapore dan mapnya. Melda

CD: Semoga membantu, c'd - be inspired to others http://cd-jurni.blogspot.com

PW: Selamat jalan2 ya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

penggemar jalan-jalan