copas dari milis

FAQ: Taman Nasional Gunung Halimun Salak

T: Ada yg pernah ke TN Gunung Halimun-Salak kah? Mohon info rutenya dari Jakarta - Halimun begimana. Makasih utk sharing infonya, Erika

J: "Rudy Rohmansyah" rudiikue@yahoo.com
Sebagai hutan hujan tropis yang masih tersisa di Pulau Jawa, Taman Nasional ini memiliki potensi ekowisata yang layak dikunjungi.
saya coba sharing 2 lokasi dari beberapa tempat di TNGHS.

1. Stasiun Penelitian Cikaniki dan Desa Citalahab
Kegiatan : Mencoba Canopy Trail, trekking di jalur hutan, mengunjungi air terjun Cimacan (tidak jauh dari stasiun penelitian), melihat jamur menyala (kegiatan malam hari), tea walk di perkebunan teh Nirmala (peninggalan Belanda di tengah hutan-enclave), berinterkasi dengan masyarakat lokal.
Cara menuju lokasi menggunakan kendaraan pribadi : Jakarta (Tol Jagorawi) - Keluar Tol Ciawi - Parung Kuda (arah Sukabumi, belok ke kanan di Stasiun Kereta Parung Kuda) - Kabandungan (Kantor Balai TNGHS) - Cikaniki - Citalahab
Kendaraan Umum : Bis Jakarta - Sukabumi, turun di Parung Kuda, disambung dengan angkutan umum (L-300) menuju Kabandungan (Kantor Balai TNGHS), dari Kantor Balai dapat menngunakan angkutan umum (elf) yang menuju perkebunan teh Citalahab, namun agak jarang, alternatifnya menggunakan ojek atau charter angkutan.
Penginapan : Stasiun Penelitian Cikaniki : Tersedia 6 kamar dengan kondisi tempat tidur yang sangat nyaman, bersih dan suasana hutan yang mengesankan. Guest House/Home Stay di Citalahab : Masyarakat Lokal mengelola guesthouse/Home Stay dengan suasana kampung dan pengalaman menarik berinteraksi dengan masyarakat lokal.
Makan / Minum : Membawa bahan makanan sendiri atau memesan terlebih dahulu kepada pengelola penginapan.
Contact Person : Saya merekomendasikan untuk menghubungi contact person berikut ini untuk informasi perijinan memasuki kawasan Taman Nasional, penginapan dan kegiatan selama di lokasi.
- Bapak Momo (Petugas Taman Nasional) : HP - 0813-2039-7315.
- Bapak Teguh (Yayasan Ekowisata Halimun) : HP - 08129165860 (teguh.hartono@gmail.com)

2. Kawasan Gunung Bunder, Gunung Salak - Bogor
Kegiatan : Mengunjungi Air terjun, trekking ke jalur hutan didampingi pemandu, berkemah.
Cara menuju lokasi menggunakan kendaraan pribadi : Jakarta (Tol Jagorawi) - Keluar Tol Bogor - Arah Leuwiliang/Ciampea (Hubungi contact person di bawah untuk memandu jalur)
Kendaraan Umum : Bis Jakarta - Bogor, turun di Terminal Baranang Siang, disambung Angkutan Kota (angkot) nomor 13 ke terminal merdeka, disambung angkutan kota warna biru jurusan leuwiliang, selanjutnya dapatkan informasi untuk menuju kawasan Gunung Bunder.
Penginapan : Untuk mencoba pengalaman, dapat membawa tenda dan berkemah di sekitar kantor Resort Gunung Bunder atau dapat menyewa Villa yang tersedia.
Makan / Minum : Membawa bahan makanan dan memasak sendiri atau dapat membeli di warung makan.
Contact Person : Saya merekomendasikan untuk menghubungi contact person berikut ini untuk informasi perijinan memasuki kawasan Taman Nasional, penginapan dan kegiatan selama di lokasi.
- Bapak Lucky (Petugas Taman Nasional) : HP - 0813-15388-357.

Sebenarnya ada satu lagi objek wisata budaya yaitu berkunjung ke masyarakat adat kasepuhan di Ciptarasa, lokasinya cukup menantang dengan jarak tempuh yang cukup jauh, silahkan menghubungi Bapak Momo atau Bapak Teguh untuk informasi lebih detail.

Demikian, semoga bermanfaat, selamat berkunjung ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak, feel free to contact for further info.

Rudi 0859-7757-9838
YM: rudiikue skype: rudi.rohmansyah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

penggemar jalan-jalan